7bI3M4btFAjoZvrj1vXG5ugzifeiqBRX6VeigjIh

Followers

Cara Mengecek Validitas NIK dan KTP

Bagaimana mengecek validitas NIK

Nik atau nomor induk kependudukan adalah salah satu hal yang perlu menjadi perhatian khusus ketika kita hendak melakukan pengurusan layanan administrasi. Di negeri ini, semua layanan administrasi mewajibkan NIK sebagai salah satu syaratnya. NIK tidak valid bisa menjadi kendala dalam pengurusan anda.

Salah satu contoh nya adalah pengurusan pendaftaran NPWP, NIK yang tidak tervalidasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau tidak sesuai dengan data kartu kelurga mengakibatkan pendaftaran NPWP anda akan tertolak dalam sistem registrasi npwp ereg milik direktorat Jenderal Pajak        .

Bagaimana cara mengecek validitas Nomor Induk Kependudukan?  berikut daftar layanan kontak pada helpdesk dukcapil kemendagri :

1. Cek NIK Lewat Call Center Dukcapil

cara yang paling mudah untuk mengetahui validitas NIK adalah dengan menggunakan layanan callcentre dukcapil yang mana telah disediakan oleh kementerian dalam negeri sebagai wujud layanan masyarakat. layanan pengaduan baik itu pertanyaan dan pengaduan dapat dilakukan melalui :

a. Cek NIK KTP Valid via Whatsapp

nomor whsatsapp layanan kependudukan dan cacatan sipil pusat adalah 08118005373  jika terdapat pertanyaan dan keluhan anda bisa mengajukan lewat layanan whatsapp pada nomor duatas. dengan memasukkan kata kunci sebagai format berikut.

#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Permasalahan

b. Email Dukcapil

selain melalui nomor WA dan nomor sms anda juga dapat memanfaatkan layanan email.  anda dapat menggunakan email ini [email protected] sebagai saluran pertanyaan maupun masukan.

c. Layanan Telepon Suara

bagi yang ingin menggunakan layanan suara bisa memanfaatkan saluran telepon hotline di nomor 1500537 selain untuk layan keluhan konsultasi nomor ini juga melayani saluran pengaduan.

d. Layanan SMS

Bukan cuma melalui whatsapp, kamu juga dapat melakukan pengecekan NIK KTP melalui layanan sms di nomor 08118005371. 

2. Cek NIK lewat Medsos

untuk penggunaa sosmed, layanan via twitter juga telah di sediakan oleh pihak dukcapil, ini memudahkan bagi para pemilik nik untuk menggunakan layanan konsultasi, akun twitter dukcapil adalah @ccdukcapil.
Sedangkan Bagi pengguna Facebook akun resmi layanaan konsultasi kependudukan adalah Halo Dukcapil

3. Web Online

untuk pengecekan secara online melalui web maka yang perlu anda perhatikan adalah apakah di daerah anda telah melayani cek nik ktp secara online. anda bisa mencari tahu daerah mana saja yang telah dapat melayani cek nik ktp secara online melalui web.

4. Kunjungan Langsung Ke kantor Dukcapil

jika cara diatas tidak berhasil maka solusi terakhir yang anda bisa lakukan adalah datang langsung ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil di daerah kamu masing masing dimana ktp dan nik kamu terdaftar. 

Mintalah kantor disana untuk melakukan validasi data kependudukan anda, jika telah sesuai dan dinyatakan valid maka silahkna untuk kembali melakukan pengurusan layanan administrasi anda. 

Selamat mencoba, semoga membantu. 
https://unsplash.com/photos/4ptfb2wMP4M?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink


 

Related Posts
Wahyuddin Rosi
Tax Advisor, Left Wing Back

Related Posts

1 comment

Dont Hesitate