7bI3M4btFAjoZvrj1vXG5ugzifeiqBRX6VeigjIh

Followers

Solusi Validasi NIK gagal pada pendaftaran NPWP Online ereg.pajak.go.id

Kendala yang paling sering dihadapi ketika orang melakukan pendaftaran NPWP online di ereg pajak go id adalah masalah validasi NIK atau data kependudukan.

Contoh umum misalnya nik tidak ditemukan, nik sudah pernah didaftarkan NPWP, data NPWP pusat tidak lengkap atau NIK Pemohon dan NIK pada NPWP suami tidak dalam satu KK,..dan lain sebagainya. ketika berbicara NIK maka anda tidak bisa langsung ke kantor pajak, karena itu tidak cukup langsung membantu anda. mulailah dengan mengecek data NIK dan KK anda.

validasi nik gagal npwp

Sekedar informasi, saat ini sistem ereg atau pendaftaran NPWP secara online milik direktorat jenderal pajak memanfaatkan layanan data  kependudukan yang disediakan oleh Kemendagri /. Ereg pajak akan membaca data kependudukan yang anda input  secara realtime dan melakukan validasi atau mencocokkan data yang anda input dengan data kependudukan yang telah terdaftar di server dukcapil pusat.

Jika NIK dan KK telah sesuai maka selamat,  data anda seperti nama, tempat tanggal lahir, status perkawinan akan tersaji secara langsung dalam formulir ereg. namun jika data yang anda masukkan tidak sesuai dengan data kependudukan pusat maka pesan notifikasi akan muncul pada layar pendaftaran.


Bagaimana solusinya jika data nik saya tidak valid? misalnya NIK tidak terdaftar, KK tidak sesuai atau suami dan istri tidak dalam satu KK yang sama. dan lain sebagainya. Berikut tips yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah pada daftar npwp online anda. 

1. Langkah Pertama Lakukan validasi Data Kependudukan 

hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan validasi atau mengecek data kependudukan atau memastikan data yang anda pegang saat ini telah terdaftar di dukcapil daerah anda. anda bisa menggunakan beberapa  saluran yang telah disediakan. 

beberapa saluran diantara nya adalah melalui nomor call centre atau layanan telelpon suara dan email. jika anda tidak bisa melakukan melalui layanan online anda bisa mendatangi langsung kantor dukcapil dimana nik anda terdaftar.

Sebab Validasi NIK Gagal

ada dua kemungkinan permasalahan yang terjadi ketika data nik anda tidak valid, yaitu :

1. data kependududukan anda memang belum update. 

2. atau data anda sudah update tetapi belum sinkron dengan data pusat dukcapil yang menjadi referensi data dari ereg pajak.

2. Sinkronisasi NIK Data Pusat Dukcapil

referensi data NIK server ereg pajak adalah pusat dukcapil bukan dukcapil daerah atau kota dimana anda mendaftarkan NIK, sehingga Jika dalam hal data kependudukan anda telah update dan telah sesuai dengan dokumen yang anda pegang  namun belum valid menurut ereg maka silahkan anda menghubungi layanan call centre dukcapil untuk malakukan sinkronisasi data pada server pusatnya.

berikut contoh tips sukses bagaimana cara melakukan sinkronisasi data kependudukan ke server pusat. disini kami akan memberi contoh dengan menggunakan layanan call centre melalui akun twitter dukcapil yaitu @ccdukcapil

Cara Sinkronisaksi Data Nik Dukcapil Pusat

pertama silahkan anda mengirim pesan dengan format seperti ini :

#NIK
#Nama
#Nomor KK
#Nomor Telepon
#Permasalahan 

selang beberapa waktu petugas akan merespon pesan anda dan melakukan pengecekan data, jika data telah sesuai maka petugas akan segera  memberitahukan bahwa NIK dan KK anda telah di update pada server pusat.
cara validasi nik dukcapil pusat


setelah data kependuduka telah di update maka langkah selanjutnya kembali login ke ereg.pajak.go.id dan mulai melakukan pengisian data NPWP. dan kini data NIK anda telah valid dan bisa mendaftarkan NPWP.

Data NIK KK sudah Update Tapi Masih Gagal?

jika dalam hal data kependudukan yang anda pegang telah sesuai dengan data server pusat dan telah valid dibuktikan dengan dokumentasi misalnya cc dari dukcapil namun sistem ereg pajak masih belum bisa berhasil, maka bisa jadi sistem ereg sedang dalam kondisi "low"

ciri2 sistem low adalah sifatnya berlaku umum,  jadi semua yang menggunakan layanan akan terdampak bukan cuma anda saja. dan ini biasa terjadi. solusi bagaimana? silahkan anda menunggu beberapa waktu. biasanya sistem layanan umum error tidak berlangsung lama.

manfaatkan layanan whatsapp di KPP untuk mengetahui status sistem layanan apakah sudah normal atau tidak....cmiiw....

Validasi NIK gagal NIK Sudah Pernah Didaftarkan NPWP

jika anda mendapatkan nik anda sudah pernah didaftarkan NPWP maka selamat anda tidak perlu melakukan proses pendaftaran npwp ereg online ini. yang anda perlu lakukan adalah mengecek nomor NPWP anda dan kemudian mencetak ulang kartu nya di KPP terdekat.

1. Cara Cek nomor NPWP Online lewat NIK


Related Posts
Wahyuddin Rosi
Tax Advisor, Left Wing Back

Related Posts

Post a Comment